Featured Product

23 May 2014

Khasiat Buah Bit

Buah Bit


Pada tanaman bit, yang lebih dikenal mempunyai khasiat kesehatan adalah umbinya. Berbentuk bulat seperti kentang dengan warna merah – ungu gelap. Daunnya bisa dimasak seperti sayur hijau lainnya. Bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke negara tetangga di daratan Asia maupun di Eropa.

Bit kaya akan karbohidrat ( dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak ) , yang mudah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak. Bit berwarna merah, warna ini disebabkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin.

Walaupun mengandung karbohidrat, kalorinya rendah. Jadi jangan kuatir, menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan Anda. Dalam mengasup ekstrak buah bit
Ada yang beranggapan bahwa ekstrak buah bit adalah minuman terbaik untuk kesehatan karena mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P. Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh kita.

Kandungan Bit
Asam Folat 34%, Fungsi : Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak ,
Kalium 14,8%, Fungsi : Memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh,
Serat 13,6%,
vitamin C 10,2%, Fungsi : Menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah,
Magnesium 9,8%, Fungsi : Menjaga fungsi otot dan syaraf,
Triptofan 1,4%,
Zat Besi 7,4%, Fungsi : Metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh,
Tembaga 6,5%, Fungsi : Membentuk sel darah merah,
Fosfor 6,5%, Fungsi : Memperkuat tulang,
Caumarin Fungsi : Mencegah tumor
Betasianin Fungsi : Mencegah kanker

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan
Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini, Antara lain :

1. Sebagai Obat hati, Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu Serta membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh .
Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.
Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta masalah wasir. 

2. Menghancurkan sel tumor dan sel kanker.
ekstrak buah bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker.

3. Memperkuat fungsi darah , sistem peredaran darah dan sistem kekebalan , mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah .
Bit yang berwarna kemarahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.
Mengkonsumsi ekstrak buah bit, menurut peneliti, bisa membantu Anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.

4. Menurunkan kadar kolesterol.

5. Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh, Selain itu minum jus bit akan meningkatkan stamina
Minum ekstrak buah bit bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ. of Exeter; BBC News, 6 Agustus, 2009). Karena itu minum air putih dicampur dengan ekstrak buah bit pada malam hari bisa dipakai sebagai minuman tonik asmara, menambah enerji dan melancarkan aliran darah.

6. Masalah pencernaan

7. Mengatasi masalah ketombe

8. Pewarna makanan alami

9. Gradasi warna burgundy pada pewarnaan rambut

10. Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah
Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml ekstrak bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan untuk cara murah ini untuk menurunkan hipertensi.

Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum ekstrak buah bit . Tiga sampai 4 jam setelah minum bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008).

STAMINA
Oksigen
Dalam studi ini, para peneliti melibatkan delapan laki-laki muda sehat untuk melengkapi rangkaian tes bersepeda. Mereka diminta melakukan dua kali tes bersepeda, setelah minum ekstrak buah bit sekali sehari selama 6 hari dan setelah minum air putih
Studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology ini melaporkan, setelah minum ekstrak buah bit, partisipan menggunakan lebih sedikit oksigen saat diminta bersepeda dengan kecepatan lambat. Hal ini menunjukkan, terang peneliti, kalau otot-otot mereka bisa melakukan kerja dalam jumlah yang sama dengan menggunakan energi yang lebih sedikit. Saat diminta bersepeda dengan jarak sesuai kemampuan, partisipan bisa mengayuh beberapa menit lebih lama dibandingkan saat sebelum minum ekstrak buah bit.

Efek Nitrat
Setelah minum ekstrak buah bit, partisipan mengalami penambahan stamina sebesar 16%. Artinya, mereka yang biasanya kehabisan energi setelah jogging selama 1 jam mendapat ekstra waktu 10 menit. Selain itu, mereka bisa mencapai jarak yang sama dalam waktu yang lebih cepat.

4 comments:

  1. memang buah yang satu ini banyak mempunyai manfaat dan khasiat yng belum orang banyak ketahui, buah ini juga sangat enak di konsumsi, makasih informasinya sangat berguna

    ReplyDelete
  2. Banyak sekali cara agar menjaga kesehatan tetap terjaga, dengan info seperti artikel diatas tentunya memberikan pengetahuan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kedepannya. Untuk penulisnya terus berkarya memberikan artikel-artikel yang berkualitas, terima kasih sudah berbagi ;) Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  3. Buah-buahan mempunyai manfaat yang luar biasa, salah satuya gizi yang terkandung dalam buah. Dengan sellau mengkosumsi buah tentunya membuat tubuh kita selalu sehat dan bugar. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  4. Wah, kalau buah ini sulit sekali ditemukan di daerah kami.

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com